Common Script Mistakes

Kesalahan Umum Penulisan Skenario
oleh Lenore Wright
diterjemahkan dan disesuaikan oleh anonymous

Saya bermaksud membantu penulisan skenario di Indonesia dengan menerjemahkan artikel yang sangat berguna yang ditulis oleh Lenore Wright ini dan menaruhnya di blog berbahasa Indonesia.  Semua ini untuk tujuan yang baik. Semoga berguna.

Tiga kesalahan teratas yang dilakukan ketika menulis skenario
Kesalahan nomor satu: jadi maling scene!
Daripada menulis sesuatu yang orisinil, mereka biasanya mengambil scene-scene bagus dari film terkenal (dengan sedikit perubahan agar tidak dibilang nyolong). Usaha seperti ini dilakukan dengan tujuan membuat skenario film yang "komersial" atau sebagai pemicu untuk mengembangkan cerita mereka sendiri.

Kesalahan nomor duaaa: terlalu ikut ajaran orang lain!
Dengan telak mengikuti ajaran terstruktur dari buku penulisan skenario yang dibuat oleh penulis skenario handal. Pernyataan ini tidak dimaksudkan untuk menyerang para penulis skenario yang menulis buku itu (karena mereka biasanya adalah guru yang memiliki ide yang provokatif dan berguna). Kebanyakan dari buku-buku itu menawarkan sistem untuk memfokuskan pikiran kita untuk menulis cerita. Namun lebih baik jika para penulis dapat belajar dari beberapa skenario yang mereka telah buat sendiri, sebelum mempelajari sistem-sistem yang diajarkan pada buku. Anda bisa eksperimen sendiri dan lihat kemana cerita yang anda buat membawa anda. Ketika anda melakukan revisi, anda bisa mengecek dengan para pengajar/ahli penulis skenario dan lihat apakah arahan dari mereka bisa menstimulasi anda untuk membuat skenario anda menjadi lebih baik.

Kesalahan nomor tigaaa: Terlalu banyak baca artikel seperti ini!
Ikuti seperti kata mereka di liga-liga olahraga besar, just do it!

sumber: http://breakingin.net

0 comments:

Post a Comment