Apa itu copywriting?

Selain film, televisi, dan sinetron, penulis juga bisa terjun ke dunia iklan. Menulis untuk iklan inilah yang disebut dengan copywriting. Walaupun sama-sama menulis, copywriting mempunyai tujuan akhir yang berbeda dengan menulis skenario lainnya.

Seperti yang ditebalkan pada kutipan di samping, copywriting adalah tentang salesmanship, penjualan. Tapi, sampai disini masih harus perlu diklarifikasi lagi karena masih banyak para copywriter yang menganggap pekerjaannya tidak lain yaitu memilah-milah kata untuk menjual produk.

Copywriting adalah seni dan ilmu menuliskan kata-kata untuk mempromosikan produk, bisnis, orang, atau ide, dengan teliti memilih, mengedit, menjalin dan mengkonstruksi kata-kata tersebut sehingga dapat mengajak/menggugah pembacanya untuk melakukan aksi tertentu yang diharapkan.

Jadi, kata "penjualan" diatas tidak hanya bermaksud menjual sebuah produk. Tujuan akhir dari copywriting bukan hanya menjual produk dengan sekali serang, tetapi juga mempengaruhi pembacanya untuk melakukan sesuatu. "Sesuatu" disini bisa berarti berlangganan (dari email hingga sms), menelepon nomor telepon yang tertera di layar, mengklik link (pada internet), mem-forward email, dan sebagainya. Setiap reaksi akan digunakan untuk meningkatkan penjualan lebih jauh lagi. Contoh termudah:

"Ketik reg, spasi nama, spasi umur, dan kirim ke 9XXX, kamu jadi bisa bla bla bla..."

kutipan oleh: Bruce Bendinger, dalam bukunya The Copy Workshop Book

0 comments:

Post a Comment