Siapa Itu Copywriter?

Seorang copywriter adalah seorang komunikator yang baik yang bisa menjalin kata-kata untuk menciptakan citra didalam benak dan dengan lugas memproyeksikan dan mengekspresikan keuntungan dari sebuah produk, mengajak pembacanya untuk mengambil langkah berikutnya atau mengarahkan untuk melihat dari sudut pandang yang telah ditentukan.

Tujuan awal seorang copywriter sebenarnya sama dengan penulis yang lain: mendapatkan perhatian orang-orang. Perbedaannya terletak di tujuan akhir. Tujuan seorang copywriter bukan untuk menghibur, menyampaikan berita, atau menceritakan sebuah kisah. Mungkin saja di dalam sebuah copy terdapat salah satu elemen diatas, tetapi tujuan utamanya selalu menjual dan mengajak. Jika tidak ada penjualan atau ajakan, dan reaksinya pun tidak terlihat, berarti seorang copywriter belum melaksanakan tugasnya.

Copywriter yang keren berarti:

- Creative: dia bisa menganalisa hampir semua subyek dari sudut pandang yang berbeda.

- Smart: copywriter yang hebat bisa membuat diri sendiri tertarik dengan berbagai subyek baru dengan cepat, selalu haus akan ilmu pengetahuan apa pun, memiliki rasa penasaran yang tak terbendung terhadap cara kerja suatu hal, dan yang pasti, suka melakukan riset terhadap subyek itu secara mendalam.

- Good communicators: ia bisa menentukan kata-kata dan gambar yang tepat untuk menyampaikan keuntungan utama dari produk atau jasa tertentu,  serta memiliki kemampuan untuk menyampaikannya secara jelas dan lugas. Kemampuan ini datang dari ketertarikannya terhadap bahasa .

- Congenial: ia adalah orang yang empatik terhadap masalah orang-orang, serta mampu melihat dua titik pangkal dari argumen yang berseberangan. Ia tertarik pada manusia serta apa pun yang membuat manusia hidup dan bergerak.

- Good readers: copywriter gemar membaca. Tidak hanya  mempelajari copy yang ditulis oleh orang lain secara konstan, tetapi juga membaca buku dari semua bidang. Para copywriter yang terkenal pun mempelajari puisi.

- Trendy: up-to-date. Terbuka terhadap sesuatu yang baru.

- Disciplined: ia bisa mengatur beberapa pekerjaan sekaligus, memperhatikan setiap detil dan tidak pernah melanggar deadline!

1 comments: