Mengirim Naskah Skenario ke Production House

Tahap-tahap "penjualan" skenario yang udah dibuat sebenarnya hampir sama dengan naskah novel. Kita mengirimkan skenario ke Production House (PH), diproses, dan kalo diterima ya siap-siap dihubungi. Langkah-langkahnya:

  1. Siapkan print-out SKENARIO yang disertai dengan SINOPSIS GLOBAL, DAFTAR KARAKTER, JENIS CERITA, DURASI (WAKTU), dan SEGMEN PENONTON. Nilai lebih cerita yang kita punya dari film-film atau sinetron yang sudah ada juga harus dicantumin dong. Siapin juga BIODATA SINGKAT, ALAMAT dan NOMOR TELEPON yang bisa dihubungi. Kalo ada yang udah pernah ngirim skenario ke PH lain dan udah pernah tayang, cantumin di biodata judul karya, tanggal tayang bioskop, atau di stasiun televisi mana pernah ditayangin. Kalo ada data rating, penghargaan, atau prestasi tertentu juga cantumin sekalian. Jelas ini nilai lebih di mata produser.
  2. Kalo dikirim lewat pos, pastikan kolom isian buat pengirim dan penerima benar, supaya kalo terjadi sesuatu dengan naskah yang udah dibuat bisa dilacak.
  3. Kalo ada yang menyerahkan naskah langsung ke PH, minta tanda bukti penyerahan naskah dan tanyakan kepada siapa kita harus mengurus follow up naskah dan berapa lama akan dikabari. Biasanya lebih kurang 3-6 bulan. Makin besar PH yang dituju, makin lama pula waktu untuk menerima kabar.
  4. Buat yang baru mau nyoba ngirim, gue ga saranin lewat e-mail, karena kemungkinan dibacanya kecil banget.
  5. Jika sudah tiga bulan naskah dikirim dan belum ada kabar, tanya. Ada yang udah tiga bulan naskah masih belum disentuh, karena PH urusannya bukan cuma nyortir naskah.
  6. Alamat PH bisa dicari di internet. Nih beberapa alamat:
  • KALYANA SHIRA FILM: Jl. Bunga Mawar No. 9 Cipete, Jakarta Selatan 12410; Telp 021 7503223, 021 7503225
  • MULTIVISION PLUS: Jl. KH. Hasyim Ashari Kav 125 B Blok C2 No 30-34; Kompleks Perkantoran Roxy Mas; Telp 021 6335050 hunting; Jakarta 10150
  • MILES PRODUCTION: Jl. Pangeran Antasari No. 17 Cipete, Jakarta Selatan 12410; Telp 021 7500503, 021 7500739
  • MD PRODUCTION: Jl. Tanah Abang III/23A; Telp 021 3451777; Jakarta 10160
  • RAPI FILM: Jl. Cikini No 7; Telp 021 3857175; Jakarta Pusat
  • SALTO PRODUCTION: Jl. Sultan Syahrir No. 1C, Menteng, Jakarta Pusat; Telp 021 31925115
  • SINEMART: Jl. Raya Kebayoran Lama No. 17 D; Telp 021 5309228; Jakarta Selatan
  • SORAYA INTERCINE FILM: Jl. Wahid Hasyim 3 Menteng; Telp 021 39837555; Jakarta 10340

     7.  Sabar.


Kita bisa aja ngirim satu cerita yang sama ke beberapa PH sekaligus, tapi selain dibilang kurang etis, repot juga kalo skenario super-keren kita punya itu tiba-tiba di follow up tiga PH sekaligus. Repot kan? Repot lah.

Kita nggak mesti kenal Raam atau Manoj supaya skenario kita lolos dan di follow up. Selama skenario kita keren (di mata mereka), maka kemungkinannya akan selalu besar. But I gotta say this as in my other posts: jangan membodohi masyarakat dengan cerita yang nggak ada otaknya. Jangan jual diri pada ketololan.

Put all your might, brain, and heart into it. Please be responsible.

50 comments:

  1. Nah, saya menanggapi tentang tulisan diatas, saya setuju dengan beberapa hal,

    1. Jangan membodohi masyarakat dengan cerita yang gak ada otaknya. Tambahan dari saya, cerita yang menjual mimpi. Masa di sinetron, semiskin - miskinnya orang, tetep mesti dandan. Contoh lainnya, masa anak kuliah dandanannya udah kayak pereg...

    2. Sekarang saya bingung, yang akan diterima naskah jenis seperti apa? Kalau memang dengan jenis naskah yang seperti Raam atau Manoj mau, wah saya gak sanggup tuh, emang sih maksud hati mau mengubah mutu perfiliman Indonesia, tapi apa daya bukan tangan tak sampai tapi di jegal dari dalamnya. Sehingga saya sekarang mungkin meragukan apa motif di balik semua PH di bawah pimpinan si keluarga India itu.

    ReplyDelete
  2. Tanggapan yang menarik, tapi menurut gue kita lebih baik kalo nggak nuding sembarangan. Layaknya sebuah usaha, semua Production House pastinya mau dapet keuntungan dari apa pun yang mereka produksi. Buat sebagian, mimpi adalah sebuah produk yang sangat mudah dijual di Indonesia. Mereka mampu membaca apa yang diimpikan sebagian besar masyarakat dan mendapatkan keuntungan dari situ. Misalnya seluruh kalangan pemirsa pengennya nonton science fiction (misalnya lho..), maka sudah pasti setiap pikiran pebisnis akan melihat ini sebagai sebuah peluang. Alhasil, ramai2lah mereka membuat science fiction.

    Ini jadi kayak lingkaran yang nggak ada putusnya.

    So, in my humble opinion, cerita apa pun yang dijual, selama cerita itu bertanggung jawab, (atau minimal ada nilai moralnya deh satu) maka cerita itu paling nggak udah membantu untuk tidak ikut serta dalam ajang pembodohan masyarakat.

    What do YOU think?

    ReplyDelete
  3. saya sebenarnya pingin nulis naskah senetron, tapi terus terang saya masih bingung format nya seperti apa? apakah kayak cerita biasa gitu atau kayak apa? trus naskah sama skenario itu bedanya apa?

    thanks

    ReplyDelete
  4. Maksud dari format yang anda bilang itu apakah format penulisan (seperti jenis dan ukuran font, lebar spasi, pembagian adegan, dll) atau bukan? Kalau ya, berarti jawabannya adalah sama dengan format skenario biasanya. Bisa dilihat di http://idecerita.blogspot.com/search/label/format%20skenario

    Naskah dan skenario itu kurang lebih sama. Yang udah-udah istilah skenario itu lebih sering digunain dalam dunia audio-visual, sedangkan naskah itu di dunia pertunjukan. Gue akan cari tau lebih dalam lagi supaya penjelasannya lebih tajam dan akan gue post sesegera mungkin. Thanks sudah bertanya.

    ReplyDelete
  5. saya ingin contohny skenario itu seperti apa? mampir di blog saya ya. www.warung-mahasiswa.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Penulis biasanya akan setuju untuk tidak membodohi, namun apakah ada yang juga setuju dengan pendapat ini di atas sana? :D

    ReplyDelete
  7. Apakah naskah kita cuma dijadikan contoh bahan tulisan, kemudian nama dan tempat dirubah sesuai selera mereka.

    ReplyDelete
  8. Boss, kalo PH yang bertanggungjawab sama cepet follow-up itu yang mana?

    ReplyDelete
  9. @nadiaztonama, jika ya, anda akan berhenti menulis dan berkarya? Jika takut, anda tidak akan berjalan ke mana-mana. Jadi jangan takut, saya yakin masih ada orang jujur di luar sana.

    @Bapaou, pertanyaan anda sulit dijawab. Saya tidak ingin menjustifikasi bahwa yang satu lebih bertanggung jawab atau lebih cepat follow-up dari yang lain. Anda bisa mempelajari karakter sebuah PH dengan melihat film-film yang telah dibuatnya. Sama seperti halnya penulis novel yang melihat buku-buku yang diterbitkan suatu penerbit. Jika skenario anda berat ke seni, larilah ke PH A, jika berat ke bisnis, larilah ke PH B. Jika genre skenario anda adalah horor, keperawan-perawanan, kejanda-jandaan, atau kepocong-pocongan, kirimlah ke PH C, D, atau E. Dan seterusnya.

    Semoga komentar ini membantu.

    ReplyDelete
  10. Boss, kalo kita ngirim naskah tapi nggak diterima, bakal dibalikin ga? Terus apa bisa cerita kita dicuri di sana? Kayak yang nadiaztonama bilang?

    ReplyDelete
  11. saya bisa nggak dapat contoh 1 skenario film penuh? kalo bisa tolong di emailkan aza ke email aku rommyroboth@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Saya sudah punya ide cerita dan sekarang saya sedang menulisnya untuk d jadikan novel. Tapi saya ingin sekaligus membuat skenario dari cerita yg sedang saya tulis ini. Bisakah anda memberi saya 1 contoh skenario full hingga ending sekaligus istilah-istilah dlm skenario.

    tolong kirimkan ke email saya :
    arja.pamungkas@yahoo.co.id

    Thanks atas bantuannya.

    ReplyDelete
  13. Saya punya skenario sinetron yang terdiri dari beberapa episode. tapi setiap episode masalah dalam cerita tersebut habis. gima cara mengirimkannya. apa cukup satu aja dulu atau semua dikirim. saya takut kalo skenario kita di bajak orang. trima kasih.

    ReplyDelete
  14. saya punya skenario sinetron untuk beberapa episode. dalam tiap episode ada masalah yang terselesaikan di episode itu juga. ya seperti film seri. kaya sinetro si-entong dll. nah gimana cara mengirimkan skenarionya. apa cukup satu aja atau semua dikirimkan. kalo semua apa tidak bahaya. maksud saya skenario itu takut di bajak orang. terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  15. Bisakah anda memberi saya 1 contoh skenario full hingga ending sekaligus istilah-istilah dlm skenario.

    tolong kirim ke email saya :
    mery_apbisbr@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. thankss ats infonya ,,, aku udah banyak ide cerita tapi gak tau mau di kirim kmana ??????
    thankssssssss,,,,

    ReplyDelete
  17. saya sering melihat filem di BIOSKUB
    dan mengamati cerita dalam filem ter sebut
    setelah saya rasa rasa kan ternyata filem tersebut bukan sekedar hiburan tapi juga memiliki makna yang ber faidah ... dan memberikan pendidikan bagi logika kita ..
    rata rata filem HOLIWOOD seperti ter inspirasi dari mimpi dan menyadar kan kita akan beberapa hal
    dari situ saya ingin sekali bekerjasama dengan PH yang memiliki fisi dan misi yang sama dengan apa yang saya pikir kan
    tapi saya perlu nasihat dan conoh tentang pembuatan sekenario yang bisa diterima oleh logika PH atas perhatian nya terimakasih
    pujangga_andalan@yahoo.com
    silah kan kirim lewat email saja

    ReplyDelete
  18. yup. bioskop kita didominasi dengan film horor-ero dan perciintaan yang cliche. nah saya punya satu ide cerita yang memberikan warna baru buat bioskop kita , "thriller crime". sesuatu yang bisa bikin penonton untuk mikir what next gonna happen? gak pake adegan seksi tapi bisa bikin penonton betah nonton sampe akhir karena mereka udah terperangkap dalam cerita kita dan gak mau pulang sebelum tau akhirnya gimana. Yang aku tulis masih RAW dan original butuh buat sharing dan di sempurnain. cuma aku rasa yang aku tulis bagus banget buat difilmin. deeproject167@yahoo.com mail me if you have same interest with me. thanks

    ReplyDelete
  19. dari sma aku dah seneng bgt tulis menulis, sempet bikin skenario waktu pertunjukan pensi. dan lumayan dapet smbutan yang baik. nah kali ini aku tertantang buat ngirim skenario ke ph. bantu aku. kirimin contoh skenarionya thx. bertyon04@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Thank you for sharing ya..
    Saya setuju banget, buatlah skenario yang tidak membodohi masyarakat. Bahkan, buatlah skenario yang membuat level kecerdasan masyarakat meningkat. Noted.

    Saya dan teman-teman writer sepakat dengan itu.

    Mudah-mudahan masih ada produser yang punya akal sehat dan mengusung visi-misi yang sejalan(utk mencerdaskan masyarakat), tidak hanya untuk mengeruk rating (baca: profit) semata. Wish us luck! :)

    ReplyDelete
  21. Sy mau mulai bljr nulis skenario film ah,.Sy mau mulai bljr nulis skenario film ah,.

    ReplyDelete
  22. pleaseee berikan satu aja contoh skenario nyaa,,
    Soalna gw gak ngerti cara'' nulis skenario yg bner,,
    Mohon bantuannyaaaa :)
    pleaseee berikan satu aja contoh skenario nyaa,,
    Soalna gw gak ngerti cara'' nulis skenario yg bner,,
    Mohon bantuannyaaaa :)

    ReplyDelete
  23. right! bukan cuman mikirin uang dari hasil penjualan naskah, tapi mkir berbobot enggaknya tuh naskah buat dibikin film... please.... buatlah naskah yang lebih berbobot

    ReplyDelete
  24. kapan nih orang-orang jakarta bikin cerita khusunya sinetron atau ftv yang bermutu, cerita yang lebih berbobot, seperti dulu tvri pernah buat produksi. cerita mulai anak-anak sampai dewasa.
    masyarakat penonton cuma bisa menonton, para creatorlah yang harusnya bisa menggiring masyarakat kearah tontonan yang bermutu dan apresiatif.

    ReplyDelete
  25. Salam sineas Indonesia...

    Sy mohon bantuan dan saran dri kalian....,
    Sy ada TUGAS AKHIR dri sekolah, dan sy memilih untuk membuat film.
    Dan sebelumnya saya pernah menulis skenario dan membuat film pendek..

    Menurut kalian, cerita berjenis apa yang sangat disukai orang, dan bagaimana standar teks skenario yang baik dan benar?
    Mohon jawbannya.
    Thanks

    ReplyDelete
  26. iya_
    aku juga pengen contoh skenario full,,kalo boleh tolong kirim ke email aku ya.
    amierahmiyatie@gmail.com

    ReplyDelete
  27. saya jg lagi belajar nulis skenario film mau dong dikirimin naskah full beserta istilah-istilahnya
    tlg kirimin y ke alexa_wakefield@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  28. ingky mengatakan........

    sama saya juga lagi belajar gan tuk nulis sekenario and naskah film...,banyak ide - ide dan mimpi yang kadang - kadang membuat saya semangat untuk mewujudkannya kesebuah film.....,mau juga dong gan cintoh naskah dan istilah - istilahnya. kirimin ke email y gan, ke musium_bahari@ymail.com ,thanks banget ni gan informasinya, sangat bermanfaat......!

    ReplyDelete
  29. saya juga lagi belajar nulis naskah film gan, mau donk contoh naskah filmnya beserta istilahnya...,tolong kirim ke email y gan, ke : musium-bahari@ymail.com

    thanks banget ni gan informasinya, bermanfaat...!!!

    ReplyDelete
  30. Bagi para penulis pemula yang punya pikiran positif dan yang ingin menghasilkan sinetron atau film yang tidak membodohi masyarakat silahkan hubungi dan bergabung disini: bang_wan30@yahoo.co.uk

    ReplyDelete
  31. okk, thanks tapi kalau masih pemula lebih baik datang langsung atau lewat pos ??
    thanks bgt

    ReplyDelete
  32. great..
    lengkap bgt info nya..
    masalah pembodohan dll itu adalah tantangan buat kita semua.. gue yakin gak cuma negara yg butuh Revolusi,perfilman indo jg harus ber Revolusi..

    ReplyDelete
  33. kalau naskah film yang sudah kita tawarkan ke ph terus pura-pura ditolak, padahal mereka edit lagi apa yang harus kita lakukan..?

    ReplyDelete
  34. bagaimana dengan film yang seperti LOve Story yang diperankan oleh Acha Septriasa dan Irwansyah? apakah itu termasuk membodohi atau tidak? sungguh, saya sangat berambisi menjadi penulis Skenario yang dikenal all person.

    ReplyDelete
  35. Saya lagi dalam pengerjaan buat manga -_- ceritanya bukan tentang fantasy jadi tetep seperti biasa aja.sebenernya seperti sinetron phy sengaja buat anime -_- kira" di indo ada yg bisa produksi gk ea.?? hehehe ??

    ReplyDelete
  36. Salam,
    Bagaimana dengan naskah cerita berupa Cerpen dan Novel? Apakah Idecerita, menerimanya?

    ReplyDelete
  37. minta alamat publishing house yg lengkap donk + contoh skenarionya :)
    tolong kirimi ke email ya
    dotacoholic23@yahoo.com

    thanks

    ReplyDelete
  38. tolong kirimin aku contoh skenario yang lengkap ke alamat email aku yah, aku juga ingin belajar buat naskah film. soalnya selama ini aku cuma buat cerita sampai puluhan halaman dan temen-temen aku ngerespon dengan baik banget cerita yang aku buat.
    rizky_dwi65@yahoo.co.id
    makasihh

    ReplyDelete
  39. salam
    mau contoh skenario lengkap donk.. saya mau nulis skenario tapi saya belum paham cara memgungkapkan ide saya ke naskah skenario.. mohon bantuanya..

    ReplyDelete
  40. memang kadang keraguan mengirimkan naskah skenario misi PH dan penulis berbeda,,,, jadi kita musti milih PH yang sama misinya dengan Naskah kita

    ReplyDelete
  41. sudah lama saya ingin mengirimkan skenario tapi pastinya format dan istilahnya g bener jd pengen contoh yang bener, saya sudah punya beberapa tapi format ala sendiri. mau dong contoh lengkapnya semuga di sempatkan meluangkan waktu ngirim yudazakera@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  42. gan. saya minta contoh skenario dunk
    dari awal and ending...
    ya intinya saja...
    soalnya say punya beberapa novel...
    tpi saya klo bikin novel cenderung banyak dialog.. jadi mending tak ganti skenario aja
    mohon dikirim ke ixa_nesta22@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  43. Salam sejahtera, Pak.
    Soal proposal skenario film, apa bapak berkenan memposting contohnya di blog ini? Agar semakin banyak yang terbantu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  44. oya saya punya film tentang remaja gitu durasi nya 1 jam kurang. bagaimana ya agar di tampilkan di tv?

    ReplyDelete
  45. saya mau nanya dong.. bentuk print-out skenario nya itu cerita singkatnya aja (kayak sinopsis) atau full skenarion (bentuk dialog dan penjelasan2nya?

    tolong di jawab ya, trims :)

    ReplyDelete
  46. Mohon Informasi alamat PH Alenia Pictures, Salam (Putri)

    ReplyDelete
  47. untuk semua kawan2 seperjuangan.... sekira nya bisa bekerja sama dgn team kami dalam pengajuan ide program non drama dan drama ke TV nasional/lokal di DKI....

    yg kami butuhkan saat ini adalah ide program non drama(selain sinetron & ftv), sitkom juga ok..., di utama kan yg benar2 beda/ori..., tp jika ada unsur pengembangan dari yg sudah ada (grade A) bisa di pertimbangkan...

    tuk lebih jelas nya bisa pm/kirim pesan ke fb saya: https://www.facebook.com/arsy.lukmanalathas

    trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bos idea program non drama berati masuk dalam shot reality show atau shot comedy dsb.. btw posisi dimana? salam kenal dan kreatif.. kalo butuh tambahan team kreatif ane siap..baik management mau pun produksi..cp ane di akun line..surganirwana..

      Delete
  48. aloow.. saya juga mau dikirimkan contoh penulisan skenario ya... kl ga keberatan, mnt tlg di email ke kesan.mdc@gmail.com

    ReplyDelete