Mengirim Naskah Skenario ke Production House

Tahap-tahap "penjualan" skenario yang udah dibuat sebenarnya hampir sama dengan naskah novel. Kita mengirimkan skenario ke Production House (PH), diproses, dan kalo diterima ya siap-siap dihubungi. Langkah-langkahnya:

  1. Siapkan print-out SKENARIO yang disertai dengan SINOPSIS GLOBAL, DAFTAR KARAKTER, JENIS CERITA, DURASI (WAKTU), dan SEGMEN PENONTON. Nilai lebih cerita yang kita punya dari film-film atau sinetron yang sudah ada juga harus dicantumin dong. Siapin juga BIODATA SINGKAT, ALAMAT dan NOMOR TELEPON yang bisa dihubungi. Kalo ada yang udah pernah ngirim skenario ke PH lain dan udah pernah tayang, cantumin di biodata judul karya, tanggal tayang bioskop, atau di stasiun televisi mana pernah ditayangin. Kalo ada data rating, penghargaan, atau prestasi tertentu juga cantumin sekalian. Jelas ini nilai lebih di mata produser.
  2. Kalo dikirim lewat pos, pastikan kolom isian buat pengirim dan penerima benar, supaya kalo terjadi sesuatu dengan naskah yang udah dibuat bisa dilacak.
  3. Kalo ada yang menyerahkan naskah langsung ke PH, minta tanda bukti penyerahan naskah dan tanyakan kepada siapa kita harus mengurus follow up naskah dan berapa lama akan dikabari. Biasanya lebih kurang 3-6 bulan. Makin besar PH yang dituju, makin lama pula waktu untuk menerima kabar.
  4. Buat yang baru mau nyoba ngirim, gue ga saranin lewat e-mail, karena kemungkinan dibacanya kecil banget.
  5. Jika sudah tiga bulan naskah dikirim dan belum ada kabar, tanya. Ada yang udah tiga bulan naskah masih belum disentuh, karena PH urusannya bukan cuma nyortir naskah.
  6. Alamat PH bisa dicari di internet. Nih beberapa alamat:
  • KALYANA SHIRA FILM: Jl. Bunga Mawar No. 9 Cipete, Jakarta Selatan 12410; Telp 021 7503223, 021 7503225
  • MULTIVISION PLUS: Jl. KH. Hasyim Ashari Kav 125 B Blok C2 No 30-34; Kompleks Perkantoran Roxy Mas; Telp 021 6335050 hunting; Jakarta 10150
  • MILES PRODUCTION: Jl. Pangeran Antasari No. 17 Cipete, Jakarta Selatan 12410; Telp 021 7500503, 021 7500739
  • MD PRODUCTION: Jl. Tanah Abang III/23A; Telp 021 3451777; Jakarta 10160
  • RAPI FILM: Jl. Cikini No 7; Telp 021 3857175; Jakarta Pusat
  • SALTO PRODUCTION: Jl. Sultan Syahrir No. 1C, Menteng, Jakarta Pusat; Telp 021 31925115
  • SINEMART: Jl. Raya Kebayoran Lama No. 17 D; Telp 021 5309228; Jakarta Selatan
  • SORAYA INTERCINE FILM: Jl. Wahid Hasyim 3 Menteng; Telp 021 39837555; Jakarta 10340

     7.  Sabar.


Kita bisa aja ngirim satu cerita yang sama ke beberapa PH sekaligus, tapi selain dibilang kurang etis, repot juga kalo skenario super-keren kita punya itu tiba-tiba di follow up tiga PH sekaligus. Repot kan? Repot lah.

Kita nggak mesti kenal Raam atau Manoj supaya skenario kita lolos dan di follow up. Selama skenario kita keren (di mata mereka), maka kemungkinannya akan selalu besar. But I gotta say this as in my other posts: jangan membodohi masyarakat dengan cerita yang nggak ada otaknya. Jangan jual diri pada ketololan.

Put all your might, brain, and heart into it. Please be responsible.

126 comments:

  1. Nah, saya menanggapi tentang tulisan diatas, saya setuju dengan beberapa hal,

    1. Jangan membodohi masyarakat dengan cerita yang gak ada otaknya. Tambahan dari saya, cerita yang menjual mimpi. Masa di sinetron, semiskin - miskinnya orang, tetep mesti dandan. Contoh lainnya, masa anak kuliah dandanannya udah kayak pereg...

    2. Sekarang saya bingung, yang akan diterima naskah jenis seperti apa? Kalau memang dengan jenis naskah yang seperti Raam atau Manoj mau, wah saya gak sanggup tuh, emang sih maksud hati mau mengubah mutu perfiliman Indonesia, tapi apa daya bukan tangan tak sampai tapi di jegal dari dalamnya. Sehingga saya sekarang mungkin meragukan apa motif di balik semua PH di bawah pimpinan si keluarga India itu.

    ReplyDelete
  2. Tanggapan yang menarik, tapi menurut gue kita lebih baik kalo nggak nuding sembarangan. Layaknya sebuah usaha, semua Production House pastinya mau dapet keuntungan dari apa pun yang mereka produksi. Buat sebagian, mimpi adalah sebuah produk yang sangat mudah dijual di Indonesia. Mereka mampu membaca apa yang diimpikan sebagian besar masyarakat dan mendapatkan keuntungan dari situ. Misalnya seluruh kalangan pemirsa pengennya nonton science fiction (misalnya lho..), maka sudah pasti setiap pikiran pebisnis akan melihat ini sebagai sebuah peluang. Alhasil, ramai2lah mereka membuat science fiction.

    Ini jadi kayak lingkaran yang nggak ada putusnya.

    So, in my humble opinion, cerita apa pun yang dijual, selama cerita itu bertanggung jawab, (atau minimal ada nilai moralnya deh satu) maka cerita itu paling nggak udah membantu untuk tidak ikut serta dalam ajang pembodohan masyarakat.

    What do YOU think?

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau silahkan lihat contoh skenario dan cerpen yang sudah saya muat di blog saya www(dot)planetcerpen(dot)com terima kasih..

      Delete
  3. saya sebenarnya pingin nulis naskah senetron, tapi terus terang saya masih bingung format nya seperti apa? apakah kayak cerita biasa gitu atau kayak apa? trus naskah sama skenario itu bedanya apa?

    thanks

    ReplyDelete
  4. Maksud dari format yang anda bilang itu apakah format penulisan (seperti jenis dan ukuran font, lebar spasi, pembagian adegan, dll) atau bukan? Kalau ya, berarti jawabannya adalah sama dengan format skenario biasanya. Bisa dilihat di http://idecerita.blogspot.com/search/label/format%20skenario

    Naskah dan skenario itu kurang lebih sama. Yang udah-udah istilah skenario itu lebih sering digunain dalam dunia audio-visual, sedangkan naskah itu di dunia pertunjukan. Gue akan cari tau lebih dalam lagi supaya penjelasannya lebih tajam dan akan gue post sesegera mungkin. Thanks sudah bertanya.

    ReplyDelete
  5. saya ingin contohny skenario itu seperti apa? mampir di blog saya ya. www.warung-mahasiswa.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Penulis biasanya akan setuju untuk tidak membodohi, namun apakah ada yang juga setuju dengan pendapat ini di atas sana? :D

    ReplyDelete
  7. Apakah naskah kita cuma dijadikan contoh bahan tulisan, kemudian nama dan tempat dirubah sesuai selera mereka.

    ReplyDelete
  8. Boss, kalo PH yang bertanggungjawab sama cepet follow-up itu yang mana?

    ReplyDelete
  9. @nadiaztonama, jika ya, anda akan berhenti menulis dan berkarya? Jika takut, anda tidak akan berjalan ke mana-mana. Jadi jangan takut, saya yakin masih ada orang jujur di luar sana.

    @Bapaou, pertanyaan anda sulit dijawab. Saya tidak ingin menjustifikasi bahwa yang satu lebih bertanggung jawab atau lebih cepat follow-up dari yang lain. Anda bisa mempelajari karakter sebuah PH dengan melihat film-film yang telah dibuatnya. Sama seperti halnya penulis novel yang melihat buku-buku yang diterbitkan suatu penerbit. Jika skenario anda berat ke seni, larilah ke PH A, jika berat ke bisnis, larilah ke PH B. Jika genre skenario anda adalah horor, keperawan-perawanan, kejanda-jandaan, atau kepocong-pocongan, kirimlah ke PH C, D, atau E. Dan seterusnya.

    Semoga komentar ini membantu.

    ReplyDelete
  10. Boss, kalo kita ngirim naskah tapi nggak diterima, bakal dibalikin ga? Terus apa bisa cerita kita dicuri di sana? Kayak yang nadiaztonama bilang?

    ReplyDelete
  11. saya bisa nggak dapat contoh 1 skenario film penuh? kalo bisa tolong di emailkan aza ke email aku rommyroboth@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Saya sudah punya ide cerita dan sekarang saya sedang menulisnya untuk d jadikan novel. Tapi saya ingin sekaligus membuat skenario dari cerita yg sedang saya tulis ini. Bisakah anda memberi saya 1 contoh skenario full hingga ending sekaligus istilah-istilah dlm skenario.

    tolong kirimkan ke email saya :
    arja.pamungkas@yahoo.co.id

    Thanks atas bantuannya.

    ReplyDelete
  13. Saya punya skenario sinetron yang terdiri dari beberapa episode. tapi setiap episode masalah dalam cerita tersebut habis. gima cara mengirimkannya. apa cukup satu aja dulu atau semua dikirim. saya takut kalo skenario kita di bajak orang. trima kasih.

    ReplyDelete
  14. saya punya skenario sinetron untuk beberapa episode. dalam tiap episode ada masalah yang terselesaikan di episode itu juga. ya seperti film seri. kaya sinetro si-entong dll. nah gimana cara mengirimkan skenarionya. apa cukup satu aja atau semua dikirimkan. kalo semua apa tidak bahaya. maksud saya skenario itu takut di bajak orang. terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  15. Bisakah anda memberi saya 1 contoh skenario full hingga ending sekaligus istilah-istilah dlm skenario.

    tolong kirim ke email saya :
    mery_apbisbr@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. thankss ats infonya ,,, aku udah banyak ide cerita tapi gak tau mau di kirim kmana ??????
    thankssssssss,,,,

    ReplyDelete
  17. saya sering melihat filem di BIOSKUB
    dan mengamati cerita dalam filem ter sebut
    setelah saya rasa rasa kan ternyata filem tersebut bukan sekedar hiburan tapi juga memiliki makna yang ber faidah ... dan memberikan pendidikan bagi logika kita ..
    rata rata filem HOLIWOOD seperti ter inspirasi dari mimpi dan menyadar kan kita akan beberapa hal
    dari situ saya ingin sekali bekerjasama dengan PH yang memiliki fisi dan misi yang sama dengan apa yang saya pikir kan
    tapi saya perlu nasihat dan conoh tentang pembuatan sekenario yang bisa diterima oleh logika PH atas perhatian nya terimakasih
    pujangga_andalan@yahoo.com
    silah kan kirim lewat email saja

    ReplyDelete
  18. yup. bioskop kita didominasi dengan film horor-ero dan perciintaan yang cliche. nah saya punya satu ide cerita yang memberikan warna baru buat bioskop kita , "thriller crime". sesuatu yang bisa bikin penonton untuk mikir what next gonna happen? gak pake adegan seksi tapi bisa bikin penonton betah nonton sampe akhir karena mereka udah terperangkap dalam cerita kita dan gak mau pulang sebelum tau akhirnya gimana. Yang aku tulis masih RAW dan original butuh buat sharing dan di sempurnain. cuma aku rasa yang aku tulis bagus banget buat difilmin. deeproject167@yahoo.com mail me if you have same interest with me. thanks

    ReplyDelete
  19. dari sma aku dah seneng bgt tulis menulis, sempet bikin skenario waktu pertunjukan pensi. dan lumayan dapet smbutan yang baik. nah kali ini aku tertantang buat ngirim skenario ke ph. bantu aku. kirimin contoh skenarionya thx. bertyon04@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Thank you for sharing ya..
    Saya setuju banget, buatlah skenario yang tidak membodohi masyarakat. Bahkan, buatlah skenario yang membuat level kecerdasan masyarakat meningkat. Noted.

    Saya dan teman-teman writer sepakat dengan itu.

    Mudah-mudahan masih ada produser yang punya akal sehat dan mengusung visi-misi yang sejalan(utk mencerdaskan masyarakat), tidak hanya untuk mengeruk rating (baca: profit) semata. Wish us luck! :)

    ReplyDelete
  21. Sy mau mulai bljr nulis skenario film ah,.Sy mau mulai bljr nulis skenario film ah,.

    ReplyDelete
  22. pleaseee berikan satu aja contoh skenario nyaa,,
    Soalna gw gak ngerti cara'' nulis skenario yg bner,,
    Mohon bantuannyaaaa :)
    pleaseee berikan satu aja contoh skenario nyaa,,
    Soalna gw gak ngerti cara'' nulis skenario yg bner,,
    Mohon bantuannyaaaa :)

    ReplyDelete
  23. right! bukan cuman mikirin uang dari hasil penjualan naskah, tapi mkir berbobot enggaknya tuh naskah buat dibikin film... please.... buatlah naskah yang lebih berbobot

    ReplyDelete
  24. kapan nih orang-orang jakarta bikin cerita khusunya sinetron atau ftv yang bermutu, cerita yang lebih berbobot, seperti dulu tvri pernah buat produksi. cerita mulai anak-anak sampai dewasa.
    masyarakat penonton cuma bisa menonton, para creatorlah yang harusnya bisa menggiring masyarakat kearah tontonan yang bermutu dan apresiatif.

    ReplyDelete
  25. Salam sineas Indonesia...

    Sy mohon bantuan dan saran dri kalian....,
    Sy ada TUGAS AKHIR dri sekolah, dan sy memilih untuk membuat film.
    Dan sebelumnya saya pernah menulis skenario dan membuat film pendek..

    Menurut kalian, cerita berjenis apa yang sangat disukai orang, dan bagaimana standar teks skenario yang baik dan benar?
    Mohon jawbannya.
    Thanks

    ReplyDelete
  26. iya_
    aku juga pengen contoh skenario full,,kalo boleh tolong kirim ke email aku ya.
    amierahmiyatie@gmail.com

    ReplyDelete
  27. saya jg lagi belajar nulis skenario film mau dong dikirimin naskah full beserta istilah-istilahnya
    tlg kirimin y ke alexa_wakefield@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  28. ingky mengatakan........

    sama saya juga lagi belajar gan tuk nulis sekenario and naskah film...,banyak ide - ide dan mimpi yang kadang - kadang membuat saya semangat untuk mewujudkannya kesebuah film.....,mau juga dong gan cintoh naskah dan istilah - istilahnya. kirimin ke email y gan, ke musium_bahari@ymail.com ,thanks banget ni gan informasinya, sangat bermanfaat......!

    ReplyDelete
  29. saya juga lagi belajar nulis naskah film gan, mau donk contoh naskah filmnya beserta istilahnya...,tolong kirim ke email y gan, ke : musium-bahari@ymail.com

    thanks banget ni gan informasinya, bermanfaat...!!!

    ReplyDelete
  30. Bagi para penulis pemula yang punya pikiran positif dan yang ingin menghasilkan sinetron atau film yang tidak membodohi masyarakat silahkan hubungi dan bergabung disini: bang_wan30@yahoo.co.uk

    ReplyDelete
  31. okk, thanks tapi kalau masih pemula lebih baik datang langsung atau lewat pos ??
    thanks bgt

    ReplyDelete
  32. great..
    lengkap bgt info nya..
    masalah pembodohan dll itu adalah tantangan buat kita semua.. gue yakin gak cuma negara yg butuh Revolusi,perfilman indo jg harus ber Revolusi..

    ReplyDelete
  33. kalau naskah film yang sudah kita tawarkan ke ph terus pura-pura ditolak, padahal mereka edit lagi apa yang harus kita lakukan..?

    ReplyDelete
  34. bagaimana dengan film yang seperti LOve Story yang diperankan oleh Acha Septriasa dan Irwansyah? apakah itu termasuk membodohi atau tidak? sungguh, saya sangat berambisi menjadi penulis Skenario yang dikenal all person.

    ReplyDelete
  35. Saya lagi dalam pengerjaan buat manga -_- ceritanya bukan tentang fantasy jadi tetep seperti biasa aja.sebenernya seperti sinetron phy sengaja buat anime -_- kira" di indo ada yg bisa produksi gk ea.?? hehehe ??

    ReplyDelete
  36. Salam,
    Bagaimana dengan naskah cerita berupa Cerpen dan Novel? Apakah Idecerita, menerimanya?

    ReplyDelete
  37. minta alamat publishing house yg lengkap donk + contoh skenarionya :)
    tolong kirimi ke email ya
    dotacoholic23@yahoo.com

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. publishing house????? production house kaleeee :p

      Delete
  38. tolong kirimin aku contoh skenario yang lengkap ke alamat email aku yah, aku juga ingin belajar buat naskah film. soalnya selama ini aku cuma buat cerita sampai puluhan halaman dan temen-temen aku ngerespon dengan baik banget cerita yang aku buat.
    rizky_dwi65@yahoo.co.id
    makasihh

    ReplyDelete
  39. salam
    mau contoh skenario lengkap donk.. saya mau nulis skenario tapi saya belum paham cara memgungkapkan ide saya ke naskah skenario.. mohon bantuanya..

    ReplyDelete
  40. memang kadang keraguan mengirimkan naskah skenario misi PH dan penulis berbeda,,,, jadi kita musti milih PH yang sama misinya dengan Naskah kita

    ReplyDelete
  41. sudah lama saya ingin mengirimkan skenario tapi pastinya format dan istilahnya g bener jd pengen contoh yang bener, saya sudah punya beberapa tapi format ala sendiri. mau dong contoh lengkapnya semuga di sempatkan meluangkan waktu ngirim yudazakera@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  42. gan. saya minta contoh skenario dunk
    dari awal and ending...
    ya intinya saja...
    soalnya say punya beberapa novel...
    tpi saya klo bikin novel cenderung banyak dialog.. jadi mending tak ganti skenario aja
    mohon dikirim ke ixa_nesta22@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  43. Salam sejahtera, Pak.
    Soal proposal skenario film, apa bapak berkenan memposting contohnya di blog ini? Agar semakin banyak yang terbantu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  44. oya saya punya film tentang remaja gitu durasi nya 1 jam kurang. bagaimana ya agar di tampilkan di tv?

    ReplyDelete
  45. saya mau nanya dong.. bentuk print-out skenario nya itu cerita singkatnya aja (kayak sinopsis) atau full skenarion (bentuk dialog dan penjelasan2nya?

    tolong di jawab ya, trims :)

    ReplyDelete
  46. Mohon Informasi alamat PH Alenia Pictures, Salam (Putri)

    ReplyDelete
  47. untuk semua kawan2 seperjuangan.... sekira nya bisa bekerja sama dgn team kami dalam pengajuan ide program non drama dan drama ke TV nasional/lokal di DKI....

    yg kami butuhkan saat ini adalah ide program non drama(selain sinetron & ftv), sitkom juga ok..., di utama kan yg benar2 beda/ori..., tp jika ada unsur pengembangan dari yg sudah ada (grade A) bisa di pertimbangkan...

    tuk lebih jelas nya bisa pm/kirim pesan ke fb saya: https://www.facebook.com/arsy.lukmanalathas

    trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bos idea program non drama berati masuk dalam shot reality show atau shot comedy dsb.. btw posisi dimana? salam kenal dan kreatif.. kalo butuh tambahan team kreatif ane siap..baik management mau pun produksi..cp ane di akun line..surganirwana..

      Delete
  48. aloow.. saya juga mau dikirimkan contoh penulisan skenario ya... kl ga keberatan, mnt tlg di email ke kesan.mdc@gmail.com

    ReplyDelete
  49. saya sudah hampir membuat film aksi seperti luar negeri tapi apakah indonesia punya teknologi secanggih itu .pertanyaannya bagaimana cara mengirim naskah film ke paramount pictures,walt disney,lionsgate,century fox dan warner bros

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat nya keren bang, tapi menurut saya itu kaya mau naik lantai 100 lompat dari lantai satu.

      Delete
  50. kalau bisa jawabnya di nomor hp dari pertanyaan yg dipublish pada september26,2014 at 12;02 am

    ReplyDelete
  51. Bagi kawan2 yang punya hobi nulis cerita dan ingin tulisannya direalisasikan dlm film (Jika sesuai dengan konsep kami).. bisa kirimkan ide cerita anda berupa sinopsis kekami.
    Email : The7thskyprod@gmail.com
    JUDUL : SINOPSIS
    Cantumkan data lengkap anda dan kontak anda
    Ditunggu paling lambat 27 Desember 2014
    *******
    Kriteria sinopsis sementara yg diinginkan :
    Konsep :
    - Mengisahkan pengalaman unik seorang remaja (kuliahan jgn dibawah SMA) dalam kehidupan diselingi dengan kisah percintaan remaja perkotaan yg romantis, lucu, menegangkan dan happy ending..
    - Konflik harus banyak dan beragam, menarik dan unik
    - Karakteristik pemain harus jelas
    - Jangan ada dialog didalam sinopsis
    - Penulisan judul harus menarik dan catchy dengan bahasa pergaulan khas remaja.
    - Cerita ringan, simpel dan lepas, alurnya terkesan lebih renyah.
    - Cerita dalam sinopsis harus jelas dan terarah, jangan berbelit-belit
    - Critanya unik, lucu, dan menghibur sebagai sajian diwaktu senggang
    - Cerita komedi romantisnya boleh berlatar budaya Sunda, Jawa, Padang, dll. Tapi masih setting modern.
    - Target audiensnya yaitu remaja kelas atas yang biasanya berstatus mahasiswa
    ********
    Catatan :
    Cerita yang sudah masuk ke email kami akan jadi sepenuhnya menjadi hak & milik Kami. Dan tidak dapat diganggu gugat.
    *******

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hak milik kami? Lhaaa? Gimana ceritanya itu yg bikin siapa yg memiliki siapa (¯―¯Ù¥)

      Delete
  52. Ada keswmpatan lagi tidak? Baru baca infonya hari ini. Ada lagi tidak? Aku mau kirimin cerita

    ReplyDelete
  53. kalo kyk http://pblovefn.blogspot.com/ gimana bisa jadi film ga

    ReplyDelete
  54. Klu ada yg berkenan mengirim contoh skenario sinetron sampai ending.. Ristikiaile@gmail.com.. Terima kasih..

    ReplyDelete
  55. Mohon kirim contoh naskah skenario film ya....kirim ke hansiswanto@gmail.com

    ReplyDelete
  56. Mohon kirim contoh naskah skenario film ya....kirim ke hansiswanto@gmail.com

    ReplyDelete
  57. Keren!!
    Pengen banget jadi penulis skenario,,
    Pengen buat naskah sinetron yg tiap episodnya WOW, seperti Drama Korea,,
    ng perlu beratus-rauts episod..
    Seperti Drama Korea, ng sampai 30 episod, tapi penontonnya ng pernah bosan nonton berkali-kali,
    Tapi sayang, gue ng punya akses kesana..

    ReplyDelete
  58. Apa2n itu??? #Cerita yang sudah masuk email menjadi milik kami?????enak bgt,bkin cerita sambil mikir+sediakan ide, waktu,dll, gampang bgt cuma krn sdh dikirim lantas jd milik anda.. perebutan paksa itu namanya..hadeeeegh! Harusnya yg dipilih diinfokan, yg ga terpilih dikembalikan! Itu jauh lbh bijak >>to seventhskyprod.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masa banyak nuntut syarat, trs dijadiin gak milik lagi. Gimana kabarnya kalo dia ternyata membajak skenarionya. Dikasih kepastian info palingam juga engga

      Delete
  59. Ka.. mau tanya.. kalo durasi 2jam itu kira2 skenario nya berapa banyak yya...?? hehehe.. lagi coba bikin film kolosal

    ReplyDelete
  60. Ka.. mau tanya.. kalo durasi 2jam itu kira2 skenario nya berapa banyak yya...?? hehehe.. lagi coba bikin film kolosal

    ReplyDelete
  61. Kirim pakai email, kecil kemungkinannya dibaca? Siapa bilang? Sinopsis cerita film dan layar kemilau yang saya tulis ditolak sehari setelah saya kirim, berarti kan kemungkinan dibaca itu masih tetap ada.
    Oh ya, terima kasih untuk deretan alamat PH-nya. Bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete
  62. Bang mau nnya nih berapa budget yg harus di keluarkan utk pembuatan film ftv & berapa persen ke untungan buat si penulis skenario atau bayaran si penulis skenario mohon jawaban nya thanks ane ada 2 skenario tpi blm terealisasikan hrus kmna ini naskah thanks

    ReplyDelete
  63. Tolong dong kirim contoh skenario film ftv full ke ipenkoto99@gmail.com .tanks

    ReplyDelete
  64. Sy ingin coba nulis cerita bisa kirimin contohnya?krn saya lg tulis cerita kisah nyata tp bingung mau dikemanain yg bisa jadi uang.

    ReplyDelete
  65. aku jga bercita-cita ingin jdi penulis skenario yg bisa memajukan masa depan perfilm-an indonesia, maka dari itu tolong bantu dong kirimin contoh " penulisan naskah skenario yg benar, kirimin ke e-mail aku yh annisakartika1993@gmail.com

    ReplyDelete
  66. akan saya coba sebisa mungkin membuat cerita yang menarik.

    ReplyDelete
  67. akan saya coba sebisa mungkin membuat cerita yang menarik.

    ReplyDelete
  68. Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih atas infonya

    And, gan saya mau nanya nih...
    Setelah naskah kita diterima oleh pihak PH, proses selanjutnya adalah menunggu foll-up dari pihak PH. Nah, jika naskah kita telah mendapat konfirmasi dari pihak PH. Prosedur untuk negosiasi harga itu bagaimana? Apakah kita langsung mengajukan harga apa gimana? Atau, akan ada sistem bagi hasil untuk kesepakatan ini(?)
    Terimakasih

    ReplyDelete
  69. Yang mempunyai skenario tentang cerita anak2 sekolah dan narkoba bisa dikirim via email ke
    PH kami Best Production yang berada di kaltim..bila mana cerita bagus akan saya hubungi sdr/sdri...dan tentunya ada segi bisnisnya...atau bila mana yg biasa membuat sekenario kami juga punya sinopsis yg tinggal dikembangkan saja...
    hub. Hendra 081287793333
    mail : hendra@bestproduction.com
    ceo.best@yahoo.com

    Kami sangat menghargai karya karya sdra/sdri..

    Salam hormat
    hendra w

    ReplyDelete
  70. Ada yg mau gabung ke komunitas kitaa gak. Bukit Kemuning Film Crew (BKFC) adalah. Kominitas film indie. Kami masih butuh crew penulis scenario. Jd kita sama2 belajar dan buat film sama2. Mau gak. Kallo ada yg mau kirim biodata kamu biar langsung di input ke emil. Cs_baim@yahoo.co.id terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. baim. theo,, nulis itu ngk gampang,,
      ngk kaya ada orang yg ngimbla'in trus qt ikutin..
      nulis tulis itu sesuai feel.. klo ngk kena yah ngk bisalah..

      Delete
  71. Info donk klo w mao nuangin ide cerita w k ph hrus tmpa naskah or dialog dll.gy mn y caranya... bs g kejual kira2.. dlu udh smpt buat 2 crta 1 crta cinta.2 realita skolah d era msa laki2.w rasa crta w ini dpt brmanfaat wlpun pstinya ad pro dan kontra.sebab semua d era itu pasti pd mrskan ap yg w crta.bnyk tgapan positif ttg crta w ini.bhkan bnyk tmn2 mngjurkan w untuk mnulis lg.tpy w ragu campur males jg.mklum dl pernah buat 2 crta ini d saat msh skolah smpe 2 buku tulis abis untk mmbuatnya dl bingung saat msh remja mao d bwa kmna kreasi w ini.hinga akhirnya w merd g twu kmn tuch buku.buat lg g ad wkt tpy ide crta ini msh mlkat d otak.yakin bgt crta w ini bkal buat org suka aplgi d angkt k lyar lbar.wlpun d era zmn sklhan suharto d era itu yg mnurut w era sru2nya konfilk percintaan sgitga. shabat1 kyakinan hinga.hikma pergaulan yg slh dpt mnjdikan crta ini sbgi pesan.crta ini ttg arti shabat2 sekolah .kren bgt dec pkokya yg twu pasti penasaran tegang.sedih bgt.cinta yg bikin mlyang dan yg buat berwarna 6 shabta yg beda2 krternya buat fers crtanya.info y pertnyaan w nie k .rikisurbakti16@gmail.com

    ReplyDelete
  72. tolong kirimi contoh skenario full bro.
    .. jazuliea@gmail.com

    ReplyDelete
  73. maaf sebelum'a ..
    orang tua saya seorang penulis , bagaimana caranya orang tua saya menjual sebuah film ke producer'a ???
    dan apa saja persyaratan tersebut..

    ReplyDelete
  74. Makasih Mind Infonya sangat bermanfaat. Sekedar tambahan Mind , Saya ada info Daftar alamat telepon redaksi majalah,surat kabar,tabloid di jakarta Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  75. Selamat malam,saya punya cerita nyata alias bukan buatan,tentang perjuangan dan ini yang menjadi aktor utama adalah saya pribadi.cerita perjalanan jalan kaki keliling indonesia dengan misi kemanusian,siapa tertarik silahkan hub saya di 08124491240.

    ReplyDelete
  76. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  77. mampir domk ke blog w.rikisurbakti16.blogspot minta kiritk saranya karna masih pemula nih di bidang ini.terjun karna mau bagi kisah cerita pribadi yang nyata realita keluarga mualafku.tolong kasih kiritiknya

    ReplyDelete
  78. mampir domk ke blog w.rikisurbakti16.blogspot minta kiritk saranya karna masih pemula nih di bidang ini.terjun karna mau bagi kisah cerita pribadi yang nyata realita keluarga mualafku.tolong kasih kiritiknya

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Assalamu alaikum wr wb, saya juga adalah penulis cerita "Terjadinya Laso Batu di Pulau Kerayaan" saya belum mengerti kepada siapa dan kemana agar ceriya rakyat ini segera dijadikan tontonan.
    Produser atau siapapun yg tertarik hubungi saya di nomor telpon 081253888583

    ReplyDelete
  81. Ya Ampun...
    Ternyata banyak banget yang pengen jadi penulis skenario, termasuk aku salah satunya.. tapi pada nggak tahu naskahnya harus dikemanain.. nyari PH yang mau nerima tulisan kita memang susah, tapi tetap harus usaha..

    Baca juga.. PENULIS SKENARIO Butuh Seorang Penemu

    ReplyDelete
  82. Kalo buat naskah yang diterima di PH, naskah film lebar/ naskah sinetron ya? Biar gak sayang aja naskahnya takut salah arah

    ReplyDelete
  83. boss kalo skenario kita udah dipakai kita gak dapat konfirmasi apa apa gimana dong

    ReplyDelete
  84. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  85. Nama saya Mr Fredrick Peterson. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak oleh banyak bank? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk membangun bisnis Anda? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk ekspansi bisnis Anda? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? pinjaman saya berkisar dari pribadi untuk pinjaman bisnis. Tingkat bunga saya 2% sangat terjangkau dan proses kredit kami sangat cepat juga. Jika Anda benar-benar siap untuk masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari lagi dan mengajukan pinjaman hari ini. Jika Anda tertarik Anda dapat menghubungi kami hari ini melalui email: (fredrickpetersonloan@gmail.com). Salam Hormat. Mr Fredrick Peterson

    ReplyDelete
  86. sangat membantu ilmunya, terima kasih banyak,
    kalau boleh, bisakah saya dikirimkan contoh skenario yang full siap dikirim sebagai contoh untuk dipelajari, jika berkenan mohon kirim ke email saya leni_h20@yahoo.com
    terima kasih, semoga diberkhahi ilmunya. aamiin

    ReplyDelete
  87. Thanks a lot
    Saya pemula
    Berharap bisa mempelajarinya dengan baik
    Salam sukses! 😊

    ReplyDelete
  88. Nama saya adalah Nyonya Sander Anderson, manajer cabang dari JAMINAN KEJUTAN JAMINAN. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, entitas swasta dan orang-orang yang dapat dipercaya dengan suku bunga rendah dan terjangkau untuk periode tetap 1-30 tahun dan masa tenggang enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (andersonsander7@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) durasi pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    ReplyDelete
  89. Assalamualaikum,
    Saya sudah hobi nulis cerpen dan skenario sejak SMP, sekarang saya sudah kerja di perusahaan swasta, tapi tetap terus membuat karya tulis dalam bentuk skenario, tapi belum pernah coba buat kirim,,
    andai saja bisa diterbitkan apa lagi di Filmkan,, banyak pesan moralnya,, semoga suatu saat bisa Aamiin,,
    Salam saya,
    Desi A Hamzah
    (Luwuk-Sulawesi Tengah)

    ReplyDelete
  90. Assalamualaikum,
    Saya sudah hobi nulis cerpen dan skenario sejak SMP, sekarang saya sudah kerja di perusahaan swasta, tapi tetap terus membuat karya tulis dalam bentuk skenario, tapi belum pernah coba buat kirim,,
    andai saja bisa diterbitkan apa lagi di Filmkan,, banyak pesan moralnya,, semoga suatu saat bisa Aamiin,,
    Salam saya,
    Desi A Hamzah
    (Luwuk-Sulawesi Tengah)
    081252096115
    FB: Desi Asmarani Hamzah
    Email: desi.hamzah1992@gmail.com

    ReplyDelete
  91. Halo
    Orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, seorang warga INDONESIA tapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk menceritakan semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya kepada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Nyonya Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya scammed oleh Pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus dipercaya, lalu dia datang dan tersenyum lebar di wajah saya dalam kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga pernah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang bisa Anda percaya,
    Sekali lagi setelah mendapat pinjaman darinya, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya sangat terkejut saat ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang baik saya telah saya lihat dan saya adalah bagian dari Pengalamannya, hari ini hidupku berpaling kepada ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang pernah kamu dengar tapi aku adalah saksi dan jika aku berbohong, mungkin ALLAH akan mengambil nyawaku, orang-orangku ada jika kamu mau Pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percaya,
    Ibu Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM baru saja menghubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; Mahmudsimon2@gmail.com, dan saran bagaimana mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu kabar baik Anda, terimakasih dan semoga ALLAH dipuji.

    ReplyDelete
  92. Kemuliaan bagi Tuhan

      Selama lebih dari 100 tahun, kami telah membantu orang-orang yang bekerja keras mengatasi tantangan hidup dengan memberikan bantuan yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya. Pakar pinjaman kami berasal dari komunitas Anda, mengerti situasi unik Anda, dan akan memperlakukan Anda dengan jujur, bermartabat, dan hormat. Tujuan kami adalah untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik dan memberdayakan Anda untuk mengendalikan keuangan Anda dan itulah sebabnya kami harus memberikan pinjaman Anda kepada Anda dengan tingkat bunga rendah sebesar 3%.
                      
                              (Komitmen Pelanggan dan Tagihan Hak Debitur)

     Kami berkomitmen untuk memberikan pinjaman yang bertanggung jawab, memperkaya pengalaman pelanggan, dan transparansi secara keseluruhan. Meskipun prinsip-prinsip ini telah lama menjadi bagian dari budaya OneMain, (Komitmen Pelanggan dan Hak Bill Peminjam) membuat kompas panduan untuk semua interaksi dengan mereka yang melakukan bisnis dengan OneMain.

                               (Berkomitmen untuk Mendukung Komunitas Kita)

     Dengan akar di komunitas lokal yang telah berumur lebih dari 100 tahun, kami berkomitmen terhadap lingkungan tempat kami tinggal dan bekerja. Komitmen kami dimulai dengan anggota tim kami yang menjadi sukarelawan waktu mereka dan berkontribusi pada berbagai sebab yang membuat perbedaan di seluruh negeri. Kami memfokuskan usaha kami untuk melibatkan karyawan kami di komunitas mereka, pemberian amal dan pendidikan finansial. Kami memberikan pinjaman pribadi dan kredit mobil dari $ 1.500 sampai $ 25.000 † 10 JUTA PELANGGAN. Kami telah memperpanjang lebih dari $ 120 miliar pinjaman kepada lebih dari 10 juta pelanggan dan pelanggan kami menggunakan pinjaman kami untuk konsolidasi hutang, tagihan rumah tangga, perbaikan rumah, pembelian mobil, dan pembelian besar lainnya. Kami melakukan yang terbaik untuk membantu pelanggan mendapatkan pinjaman yang tepat untuk situasi unik mereka.5 Dari 6 orang Amerika tinggal dalam jarak 25 mil dari cabang 100 TAHUN DI BISNIS, Kami percaya untuk memberikan kembali anggota tim kami memberikan kembali kepada komunitas mereka dengan menyumbangkan waktu dan Uang untuk amal lokal Email: Kami hari ini di (www.onemainfinancial@gmail.com) Menandatangani C.E.O OneMain Financial.
                                              DALAM ALLAH KITA PERCAYA

    ReplyDelete
  93. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    Bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda melalui keuangan
    Masalahnya, jika Anda mengalami kekacauan finansial dan membutuhkan dana
    Memulai bisnis Anda sendiri atau Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    Tagihan, memulai bisnis yang bagus atau Anda merasa sulit
    Mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui e-mail
    Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

     "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja,
    Anda disarankan untuk melengkapi dan mengembalikan rinciannya di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan finansial, kekacauan, dan tantangan
    Hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e-mail:
    Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  94. <<<<<<<<<<<<<<<<<< PEMBERITAHUAN >>>>>>>>>>>>>>>>>>

    Pembaca salam, ini adalah untuk memberitahu orang ramai; SHANNON LOAN GROUP, sebuah kumpulan pinjaman wang yang bereputasi, sah dan berwibawa. Kami memberi pinjaman kepada individu yang memerlukan bantuan kewangan, menghadapi kredit buruk atau memerlukan wang untuk membiayai projek kecil dan besar? Orang yang berminat perlu ambil perhatian bahawa kadar faedah 2% kepada individu akan dikenakan. Juga, Kami memberi pinjaman dari minimum $ 5,000.00 USD- hingga $ 1,000, 000.00 USD Maksimum. Pinjaman dalam mata wang lain juga dibuat (Euro, Pound, Dolar e.t.c)

    E-mel: audreyshannonloanfirm@gmail.com
    Hanya klik ke keupayaan kewangan anda.

    Perkhidmatan yang Dibuat:

    * Membiayai semula
    *Pembaikan rumah
    * Pinjaman Pencipta
    * Pinjaman Auto
    * Penyatuan Hutang
    * Pinjaman Kuda
    * Talian Kredit
    * Gadai janji Kedua
    * Pinjaman Perniagaan
    * Pinjaman Peribadi
    * Pinjaman Antarabangsa

    ReplyDelete
  95. Halo, apakah kamu butuh pinjaman?
    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi siapa pun yang membutuhkan bantuan finansial. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, firma dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti hanya dengan suku bunga 2%. Hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami bisa memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@ gmail.com)

    ReplyDelete
  96. saya senang menulis saya punya ide cerita yang sebelumnya belum pernah di filmkn...karena insfirasi saya berasal dari mimpi .

    ReplyDelete
  97. Halo
     Semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. tolong bergabunglah dengan saya untuk berbahagia dan bersyukur kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang sah.
     Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian Nyonya Nuliana Novi dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur saja, Awalnya saya sangat takut karena saya telah kehilangan uang saya dengan begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelahnya, pinjaman sebesar RP 700.000.000, saya mengajukan permohonan untuk benar-benar dipindahkan ke akun saya.

    Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman darurat dengan tingkat 2% saya mendapat cepat Tidak ada biaya dari perusahaan, yang saya lakukan hanyalah membayar pin pinjaman ke Kementerian. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar.

     Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sangat sederhana untuk setiap orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini.

     Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka dan itu tidak semua, mereka memiliki masa depan yang juga memberikan saran keuangan tentang bagaimana Anda melakukan investasi pinjaman Anda untuk memastikan Anda tidak pernah menjadi miskin lagi dalam hidup Anda dan layanan ini. bebas, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa diuntungkan. terima kasih, email lagi ^elinajohnson22@gmail.com

    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, ini email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua penipu meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya scam. semoga tuhan memberkati kalian semua
    Terima kasih

    ReplyDelete
  98. salam sinema...

    saya punya kisah ,lagi proses pembuatan skenario nya,mungkin cerita kisah nyata yg sya alami belum pernah tayang di manapun , isi dari cerita tsb , tidak lain untuk cerminan kita, perlakuan anak kepada org tua nya .

    tolong konfirmasi ke email saya : riandp1989@gmail.com

    ReplyDelete
  99. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  100. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    ReplyDelete
  101. Assalamualaikum,
    saya mempunyai cerita yang ingin saya tampilkan ditv( kalau bisa )
    cerita saya bukan dari saya mengarang atau dari saya suka membuat novel,tapi saya ingin menceritakan kisah cinta saya bersama istri saya sewaktu masih pacaran duluh. walaupun udah berpisah berkali" dan udah pernah pisah sampai 8bulan tanpa komunikasih tapi masih dipertemukan juga,sampai menikah dan mempunyai anak 2
    JUDULNYA ( jodoh ku bertemu difacebook )

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang minat WA: 085210257415

      TERIMAKASIH

      Delete
  102. Apakah Anda sudah melalui masa-masa sulit dalam mendapatkan pinjaman sekarang khawatir nomore karena Lucas Loan Lending Compania menawarkan semua jenis pinjaman dan kami juga menawarkan pinjaman rumah yang aman, serta pinjaman untuk berinvestasi dalam bisnis Anda hubungi kami sekarang: Whatsapp Mobile: +1 (857)325-5437 Email: united.financio@gmail.com

    ReplyDelete
  103. Sy punya banyak cerita nyata pengalaman pribadi dan keluarga.cerita yg menarik.cerita mistik dll wa 083713540555

    ReplyDelete
  104. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: (urgentloan22@gmail.com)

    ReplyDelete
  105. assalamu'alaikum saya ingin mengajukan ide ide cerita saya untuk di jadikan skenario film layar lebar... terimakasih

    ReplyDelete
  106. sehat dan sukses all,
    teruslah menulis untuk Indonesia lebih maju

    tks

    ReplyDelete
  107. Halo teman, nama saya adalah Ferdy Candra, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Aku mendapat pinjaman Rp.950.000.000.00 dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka untuk setiap orang dari anda karena saya benar-benar mempercayai mereka, itulah sebabnya saya mengarahkan anda kepada mereka. Saya juga akan menyarankan anda untuk berhati-hati online karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan secara online, yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman pinjaman. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga menerima pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli dan mereka tidak suka pemberi pinjaman lain yang palsu yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman pinjaman. Islam Pinjaman Mendesak mereka yang benar-benar asli dan sah dan mereka juga diakui di seluruh dunia. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Anda dapat menghubungi Email mereka: (islamicloanurgently@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb

    ReplyDelete
  108. Bisa minta dikirimin satu contoh skenario full untuk media belajar,, koyulcrisnanto@gmail.com

    ReplyDelete
  109. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  110. Selamat Siang Semuanya!!!

    Nama saya Mr Rashid Husaen dan saya dari Jawa Barat, indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia hari ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang untuk mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa pendapatan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan segalanya menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya


    Sampai saya melihat postingan ibu nyonya maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu saya dan janji-janji palsu tetapi yang mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Maria Alexander wanita kata-katanya, melalui email : ( mariaalexander818@gmail.com ) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. siapa saja yang ingin pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubunginya Via

    email: ( mariaalexander818@gmail.com )
    whatsapp: (+1 254-276-8402 )

    Anda dapat menghubungi saya Pak Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semuanya

    ReplyDelete
  111. Saya ingin buat naskah perfilman horor yg akan saya beri judul Santet Tanah kayong, yg cerita ini adlah kisah mistis dan ilmu ilmu santet zaman dulu dari Tanah Kalimantan barat, kabupaten Kayong Utara, cuma saya tidak tau ke produser mana saya harus curhat dan bercerita

    ReplyDelete
  112. Saya punya cerita pengalaman hidup saya ketika masih berlayar sebagai pelaut.
    Suatu cerita yg tidak masuk akal tetapi nyata terjadi.
    Bukan cerita mistis atau horor tetapi love story. Bagaimana saya bisa menjual cerita saya ke hollywood..?

    ReplyDelete